Street Photography (Perlombaan kelima Sahabat Huawei Indonesia)

Perlombaan kelima dengan tema Street Fotografi

Perlombaan kelima adalah perlombaan yang terfokus pada sebuah genre yang sudah sangat dikenal oleh semua orang. Pada perlombaan kelima ini kami meyakini semua kawan-kawan yang pernah menggunakan ponselnya untuk memotret pasti pernah mengambil gambar dengan genre ini.

Ya, Genre yang akan kami lombakan ini adalah sebuah genre yang tidak memerlukan keahlian khusus untuk sekedar mengikuti perlombaan ini. Penjelasan mengenai genre ini akan kami sampaikan dibawah ini.

Tema

Pada perlombaan kelima ini, tema yang dipilih adalah Street Photography atau Fotografi Jalanan. Apakah itu Street Fotografi tersebut? Jika harus menjelaskan mengenai apakah itu Street Fotografi, ada banyak penjelasan untuk itu mulai dari pendapat kawan-kawan yang sudah lama bergelut dalam bidang ini sampai kepada para expert yang memang sangat ahli dibidang yang akan kita bahas ini. Namun kami memiliki deskripsi sendiri yang tidak berbeda dengan kawan-kawan fotografer di luar sana namun kami membuat sedikit penyesuaian berdasarkan device yang kita gunakan dalam lomba ini.

Apa itu Street Photography atau Fotografi Jalanan?

Ada yang berpikir Street Photography adalah sebuah cara untuk mengabadikan hal-hal yang terjadi di tempat umum. Bagi beberapa individu, ada yang menambahi bahwa street Photography adalah mengabadikan momen-momen indah yang artistik dan menarik di sekitar jalanan. Yang lainnya menambahi bahwa genre ini seyogyanya fokus mengabdikan hal-hal yang mengharukan, menyedihkan atau momen-momen yang terkait dengan reaksi kita sebagai manusia saat berada di ruang publik.

Untuk perlombaan ini, kami memiliki deskripsi tersendiri yang cukup sederhana. Street Photography adalah sebuah kegiatan mengabadikan hal-hal yang terjadi di jalanan. Jadi, Street Photography adalah sebuah cara untuk memberi tahu mereka yang melihat foto tersebut bahwa ada hal menarik yang terjadi di seputar jalanan tersebut.

Jenis Foto

Sebuah karya Street Fotografi tidak melulu harus memperlihatkan jalan raya namun juga bisa cukup dengan memperlihatkan hal-hal yang biasanya ada di jalan raya sehingga yang melihat foto tahu jika foto ini diambil di ruang publik di sekitar jalanan.

Jadi karya yang akan dinilai adalah semua karya yang mengabadikan hal-hal menarik di jalanan atau foto yang menunjukkan bahwa karya tersebut diambil di sekitar jalanan atau ruang publik.

Hadiah

Sebuah perlombaan takkan lengkap tanpa adanya hadiah. Berikut ini adalah bentuk apresiasi kami kepada para peserta lomba:

  1. Juara 1 akan menerima hadiah sebesar Rp 1.600.000,-
  2. Juara 2 akan menerima hadiah sebesar Rp    800.000,-
  3. Juara 3 akan menerima hadiah sebesar Rp    600.000,-
  4. Juara 4 akan menerima hadiah Voucher Rp    500.000,-
  5. Juara 5 akan menerima hadiah Voucher Rp    300.000,-
  6. Juara 6 akan menerima hadiah Voucher Rp    200.000,-

Hadiah yang tertera diatas disediakan oleh sponsor yang tidak ingin disebutkan namanya (sponsor yang juga membantu kami dalam perlombaan ke empat). Adapun hadiah voucher disediakan oleh saudara Dicky Ferlanda (IG: Mr.Dickies). Kami berterima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh sponsor yang membuat kegiatan ini tercipta untuk semua pengguna Ponsel Huawei yang tergabung dalam Group Sahabat Huawei Indonesia.

Persyaratan

Seluruh kontestan yang mengikuti perlombaan diwajibkan untuk memenuhi persyaratan berikut:

  1. Karya yang diambil wajib menggunakan ponsel yang di produksi oleh perusahaan Huawei (Ponsel merek Honor juga boleh mengikuti perlombaan ini karena juga diproduksi oleh Huawei).
  2. Harus ada watermark asli bawaan ponsel (Native Watermark). Untuk beberapa mode yang memang tidak ada watermark Asli seperti mode Silky Water atau Mode Pro, bisa tetap diikutkan lomba.
    Penting untuk diketahui:
    a) Harap diperhatikan bahwa tidak diperkenankan menambahkan watermark buatan kecuali jika watermark buatan itu hanya berisi ID fotografer/kontestan.
    b) Watermark yang berupa signature/ID Fotografer diperbolehkan namun watermark Bawaan ponsel (jika ada), harus terlihat jelas dan tidak boleh tertutupi atau terganggu oleh watermark jenis lainnya.
  3. Mengirimkan foto dan karya terbaiknya di Group WhatsApp Sahabat Huawei Indonesia (GSI) dan disertai keterangan “Nama Kontestan (bisa Nama Panggilan/Username di WA atau Nama IG-nya)” dan “Lomba Kelima”.
    Contohnya: “Master_Photography Lomba Kelima
    Sebagai informasi: Kami selalu menampilkan nama IG saat pengumuman pemenang baik di website ini atau di website resmi Komunitas Huawei.
  4. Cantumkan mode yang dipakai untuk mengambil foto tersebut. Misalnya mode Pro maka nanti tinggal tulis dalam deskripsi foto yang dikirim seperti:
    Master_Photography Lomba Kelima. Mode Pro“.
    Jika menggunakan mode biasa, maka tidak perlu mencantumkan mode yang dipakai.
    Jika menggunakan mode malam maka menjadi: “Master_Photography Lomba Kelima. Mode Malam“. Begitu pula jika menggunakan mode lainnya seperti mode Aperture maka tulislah Aperture dalam deskripsinya.
  5. Mode foto apapun boleh dipakai selama mode itu adalah mode yang ada dalam ponsel Huawei.
    Tidak diperkenankan menggunakan mode selain dari mode kamera yang ada dalam aplikasi bawaan Huawei.
  6. Penggunaan aplikasi untuk mengambil foto selain dari aplikasi kamera bawaan ponsel Huawei tidak diperkenankan kecuali dengan ijin khusus (ijin hanya diberikan untuk alasan tertentu).
  7. Karya yang dikirim adalah karya yang dibuat setelah pengumuman perlombaan ini disampaikan. Karya yang dibuat sebelum perlombaan diumumkan tetap akan kami terima namun tidak kami nilai.
  8. Karya yang dikirim bukanlah karya yang menjadi pemenang dalam perlombaan atau event lainnya. Jika karya yang dikirim memenangkan perlombaan dalam event selain yang kami buat maka karya tersebut juga tidak akan kami nilai. Jadi sebelum pengumuman pemenang ada baiknya karya yang dikirim tidak diikutkan dalam perlombaan selain yang kami buat agar tetap bisa kami nilai.
    Penting untuk diingat:
    a) Tidak masalah jika karya yang dikirim menerima penghargaan dari komunitas atau group atau dari pihak lainnya. Kami memandang penghargaan sebagai hal yang berbeda. Kami bahkan mengapresiasi jika karya yang dikirim mendapat award atau penghargaan dari komunitas atau kelompok manapun. Pada dasarnya, kami tidak menambahkan poin pada karya yang mendapatkan apresiasi dari pihak manapun (tetap kami anggap sama dengan karya lainnya) namun kami turut bangga karya yang dikirimkan menerima apresiasi dari pihak lainnya (kelompok/group lainnya).
  9. Kami memberi poin lebih untuk karya yang menampilkan sebuah cerita yang apa adanya tanpa adanya unsur buatan.
    Apakah unsur buatan itu? Hal-hal yang kita atur agar momen itu terjadi kami klasifikasi-kan sebagai momen buatan. Unsur alami atau yang terjadi tanpa campur tangan fotografer akan mendapat nilai lebih.
  10. Penggunaan alat untuk meningkatkan hasil foto diperbolehkan sepanjang alat tersebut tidak untuk merubah hasil karya. Peralatan seperti stabilizer atau tripod diperbolehkan namun penggunaan filter atau lensa tambahan harus dijelaskan dalam deskripsi karena jika tidak dijelaskan maka akan mengurangi nilai. Stabilizer atau Tripod akan meningkatkan hasil foto namun lensa tambahan atau filter bisa merubah hasil foto secara signifikan. Ada perbedaan antara meningkatkan dan merubah. Peningkatan adalah hal yang wajar namun perubahan hasil akibat penggunaan tambahan alat pada lensa yang akan merubah hasil harus dijelaskan. Kami tidak melarang penggunaan lensa tambahan atau filter sepanjang hal itu disampaikan dalam deskripsi foto yang dikirim.
  11. Persyaratan tambahan lainnya (apabila dirasa perlu) akan disampaikan di Group WA Sahabat Huawei oleh admin.

Tips

berikut ini adalah beberapa info tambahan bagi para kontestan:

  1. Pilih dan carilah momen yang pas untuk mengambil karya terbaik. Seorang fotografer tidak akan menyerah meski harus menunggu berhari-hari untuk sebuah foto yang luar biasa.
  2. Jika tak ingin menunggu cukup lama, carilah lokasi atau tempat yang sesuai dimana kita bisa menduga momen yang kita tentukan akan terjadi secara alami.
  3. Ambillah foto dari angle yang tepat. Sebuah momen yang menarik jadi tidak terlalu ter-ekspose dengan baik jika kita salah dalam menentukan angle yang tepat.
  4. Gunakan Tripod atau Stabilizer untuk mengambil foto karena biasanya momen-momen terbaik muncul tak terduga.
  5. Detail dan exposure serta dynamic range yang baik memang penting namun kami menilai karya berdasarkan hal menarik apa yang ada dalam foto tersebut. Meski begitu jika ada karya yang mengisahkan cerita yang sangat baik dengan exposure dan detail serta dynamic range yang cukup bagus maka akan terasa lebih baik (namun yang harus digarisbawahi disini adalah momen yang terjadi dalam foto adalah unsur paling dominan).
  6. Gunakan beragam mode karena sebuah momen terkadang ter-ekspose lebih baik dalam mode tertentu.
  7. Tips lainnya akan kami sampaikan di website resmi Komunitas Huawei atau via whatsapp group jika dirasa perlu.

Perlombaan

Perlombaan ini secara resmi dibuka mulai tanggal 8 Desember 2019 sampai dengan 26 Desember 2019. Semua hal terkait perlombaan bisa ditanyakan pada admin yang menjadi panitia di website resmi Komunitas Huawei atau Group Whatsapp.

Pengumuman Pemenang

Sebelum berganti tahun kami sudah akan mengumumkan pemenang untuk perlombaan kelima ini. Kami harap para peserta untuk mengambil foto dengan segenap passion dan rasa bahagia karena menurut kami, karya yang indah hanya akan tercipta saat kita merasa bahagia dan fokus saat mengabadikan momen tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close