Perlombaan Peringatan Kemerdekaan Indonesia

Tak terasa setahun telah berlalu sejak dibentuknya Group Sahabat Huawei Indonesia dan setelah beberapa saat yang lalu menyeleggarakan kegiatan Sahabat Huawei Anniversary yang pertama, kini tiba saatnya diadakanlah perlombaan selanjutnya.

Tema perlombaan

Untuk memperingati kemerdekan negara tercinta, kami bermaksud menyelenggarakan kegiatan fotografi dengan tema “Kemerdekaan Indonesia”.

Pada perlombaan kali ini, setiap peserta diharapakan untuk mengirimkan karya-karya yang berkaitan dengan nasionalisme, aktivitas memperingati kemerdekaan negara republik Indonesia dan hal-hal lain yang identik dengan ketiga hal tersebut.

Pada dasarnya, tema dari perlombaan kali ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu “Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia”. Adapun karya-karya yang bisa diikutkan untuk kegiatan ini diantaranya adalah karya-karya fotografi yang menampilkan beragam peringatan atau simbol-simbol yang mewakili peringatan kemerdekaan yang diadakan di tiap daerah. Jadi, setiap peserta memiliki kebebasan untuk membuat karyanya masing-masing.

Karya-karya seperti mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung tertinggi ataupun di atap rumah kami rasa sudah bisa masuk dalam kategori perlombaan kali ini. Begitu juga karya yang menampilkan foto portrait wajah seseorang yang memiliki warna merah putih di salah satu bagian wajah sambil tersenyum pada kamera. Begitu juga ketika kita memotret bendera merah putih yang berkibar di sebuah jalan yang ramai dengan begitu banyak pejalan kaki yang melihatnya sambil tersenyum bangga.

Kami yakin, banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan perayaan kemerdekaan yang bisa kita abadikan dan dilihat oleh anak cucu kita nantinya. Yang terpenting adalah bagaimana kita mengabadikan momen-momen indah di sekitar kita dengan tetap memegang etika saat membuat karya dan juga dengan penuh dedikasi serta berusaha sebaik mungkin menghasilkan karya terbaik yang akan membuat kita tersenyum bangga saat menceritakan momen-momen perjuangan dalam menghasilkan karya tersebut.

pada perlombaa ini, setiap peserta bisa menggunakan teknik fotografi jenis apapun. Adapun yang menjadi fokus utama penilaian adalah karya tersebut dibuat dengan sebaik mungkin dan berisi hal-hal yang berkaitan dengan kemerdekaan.

Persyaratan

Adapun karya yang dibuat dalam perlombaan kemerdekaan ini harus memenuhi persyaratan sebagai berikut

  1. Karya diambil menggunakan ponsel Huawei.
  2. Harus ada Native Watermark yang biasanya ada pada ponsel Huawei. Untuk beberapa ponsel atau beberapa fitur tertentu pada ponsel Huawei yang tidak ada Native Watermark, karya tetap bisa dikirim namun saat masuk nominasi harus menyertakan file asli untuk diverifikasi.
  3. Penggunaan Custom Watermark atau tanda air buatan diperbolehkan asal tidak menutupi Native Watermark bawaan ponsel. Custom Watermark dalam hal ini adalah Tanda nama pemilik foto atau sekedar tanda bahwa karya tersebut milik user tertentu. Namun, Native watermark tetap harus ada (kecuali kalau memang native watermark bawaan ponsel memang tidak tersedia)
  4. Karya yang dikirim haruslah karya terbaru setelah pengumuman dimulainya perlombaan. Karya yang dibuat sebelum perlombaan ini diumumkan otomatis tidak diperkenankan untuk dikirim dalam perlombaan.
  5. Karya tersebut dikirim ke group WhatsApp Sahabat Huawei Indonesia (SHI) seperti biasa dan juga dikirim ke website Huawei Community di lounge Forum Sahabat Huawei (atau kunjungi alamat: https://consumer.huawei.com/id/community/list/?forumId=40388).
  6. Setiap karya yang disertakan dalam event ini (baik di group WA maupun ke website Huawei Community di lounge Forum Sahabat Huawei) harus memiliki tanda pagar/tagar #Kemerdekaan_Indonesia dan #Huawei_luarbiasa.
  7. Menyertakan nama dan judul karya tersebut setelah tanda pagar (tagar) yang telah dijelaskan sebelumnya. misalnya:
    #Kemerdekaan_Indonesia #Huawei_luarbiasa
    Mbak Indah, Perayaan agustusan di kota Tuban
    . “
  8. Editing sebuah karya diperkenankan asalkan tidak editing ekstrem yang menghilangkan atau menambahkan sebuah objek dalam foto tersebut.
  9. Setiap peserta diharuskan untuk menjunjung tinggi etika fotografi dimana dalam menghasilkan sebuah karya tetap menghormati nilai-nilai luhur dalam masyarakat.
  10. Hal-hal yang belum tertulis disini nanti akan ditambahkan di kemudian hari saat dibukanya perlombaan. Adapun setiap peserta bisa membuka halaman ini untuk mengetahui tambahan persyaratan yang mungkin akan ditambahkan di kemudian hari.

Hadiah

Hadiah untuk perlombaan kali ini adalah sebagai berikut:

  1. Hadiah pertama adalah uang tunai 1,2 juta rupiah.
  2. Hadiah kedua adalah Huawei band 3 Pro.
  3. Hadiah ketiga adalah uang tunai 500 ribu rupiah.
  4. Hadiah keempat berupa Huawei Earphone Bluetooth.
  5. Hadiah kelima berupa Huawei Earphone Bluetooth.
  6. Hadiah ke enam adalah uang tunai 300 ribu rupiah.

Pelaksanaan perlombaan

Perlombaan ini secara resmi dibuka setelah diumumkan dan ditutup tepat di akhir bulan tanggal 31 Agustus jam 24:00.

Penilaian

Penilaian sebuah karya adalah hal yang sangat membutuhkan fokus yang sangat besar karena menilai sebuah karya tidak bisa hanya dengan melihat sekilas dan namun harus dilihat secara teliti dan menyeluruh. Ada kalanya esensi sebuah karya baru bisa diketahui setelah cukup lama diteliti dan diketahui bagaimana karya tersebut dibuat.

Jadi, sebuah karya bisa dinilai dengan cukup baik apabila semua hal yang terkandung dalam foto tersebut telah dievaluasi dan diteliti dengan sebaik mungkin. Lalu, apa sajakah hal yang diperlukan agar sebuah karya tersebut memiliki nilai yang cukup baik?

Pada dasarnya, karya yang baik adalah yang mencerminkan tema diatas dan dibuat dengan sebaik mungkin semampu kita. Yang terpenting adalah kita enjoy saat membuat karya tersebut dan saat melihat karya itu kita bangga dengan hasilnya.

Ucapan terima kasih

Seperti halnya yang sudah sering kami sampaikan sebelumnya. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada para sponsor yang telah membuat kegiatan ini terlaksana. Adapun kegiatan ini disponsori oleh 3 pihak diataranya adalah sponsor yang telah lama mendukung kegiatan-kegiatan sebelumnya (masih belum berkenan diekspose hingga saat ini) dan juga dari Huawei Indonesia (yang diwakili mas Andhika) dan satu sponsor lagi yang juga memilih tidak dipublikasikan.

Dalam kesempatan ini kami juga berterima kasih sebesar-besarnya kepada para sponsor yang telah mendukung kegiatan kami dalam perlombaan-perlombaan sebelumnya yaitu: Mas Andhika, Mas Restu, Mas Dicky, dan sponsor lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu.

Kami juga berterima kasih kepada tim Huawei Indonesia yang telah mendukung kegiatan kami dan semoga Huawei bisa menjadi salah satu brand yang senantiasa berinovasi dan membuat produk-produk unggulan yang bisa mempermudah beragam aktivitas seperti fotografi, productivity dan aktivitas lainnya yang meliputi banyak hal.

Akhir kata, kami sampaikan selamat mengikuti perlombaan ini dan tetap semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close