Perlombaan ke empat: Long Exposure Competition

Kompetisi umum untuk seluruh member Group Sahabat Huawei

Perlombaan Pertama yang diadakan beberapa saat setelah Group Sahabat Huawei terbentuk dan perlombaan kedua yang menyusul setelahnya serta perlombaan ketiga yang baru saja berakhir adalah salah satu kontribusi kami untuk mengenalkan dan membuat para pemakai ponsel Huawei semakin semangat dalam menggunakan perangkat kesayangannya.

Kami mengucapkan terima kasih pada para sponsor dan kawan-kawan yang telah membantu mensukseskan perlombaan pertama hingga saat ini (Hai mas Restu dan kawan lainnya yang telah membantu kegiatan tersebut. Terima kasih juga untuk Huawei Tunjungan Plaza Surabaya).

Perlombaan ke empat ini adalah perlombaan yang cukup spesial karena kegiatan ini disponsori oleh seseorang yang tidak mau di publikasikan identitasnya. Kami sebagai admin dari Group Sahabat Huawei sangat berterima kasih atas kontribusinya.

Tema

Tema adalah salah satu hal yang diharapkan mampu membantu para kontestan untuk memahami tipe foto seperti apa yang nantinya bisa diikutkan dalam lomba. Adapun tema dari perlombaan ke empat ini adalah “Long Exposure Competition by Group Sahabat Huawei (GSH)“. Tema ini dipilih setelah cukup lama berdiskusi dan latar belakang pemilihan tema ini adalah karena semua ponsel Huawei bisa mengambil foto terbaik dengan teknik tersebut dan kami yakin semua kawan-kawan bisa melakukannya dengan teknik Long Exposure atau Slow Shutter Speed.

Apa itu Long Exposure atau Slow Shutter Speed?

Long Exposure atau Slow Shutter Speed pada dasarnya adalah teknik untuk mengambil gambar dengan cukup detail, jelas dan indah hanya dengan men-setting ponsel untuk mengambil gambar selama beberapa detik. Jadi tinggal arahkan kamera di ponsel pada objek yang dituju dan setting ponsel untuk mengambil gambar selama beberapa waktu sesuai keinginan dan hasilnya bisa dikirimkan ke Group Sahabat Huawei (GSH).

Jenis Foto

Kami tidak membatasi type foto entah itu Light Painting, Light Trails, Night Photography atau yang sejenisnya karena yang menjadi fokus adalah Long Exposure atau Slow Shutter Speed-nya. Adapun penggunaan filter diperbolehkan karena menurut kami foto yang bagus lebih ditentukan dari objek dan skill pengguna ponselnya.

Hadiah

Pada perlombaan ke empat ini akan dipilih tiga foto sebagai pemenang dengan pembagian sebagai berikut:

  1. Juara 1 mendapatkan Hadiah senilai Rp 1.500.000,-
  2. Juara 2 mendapatkan Hadiah senilai Rp 1.000.000,-
  3. Juara 3 mendapatkan Hadiah senilai Rp  500.000,

Seluruh hadiah tersebut dipersembahkan oleh sponsor yang belum bisa kami umumkan identitasnya namun pesan dari sponsor adalah semoga hadiah tersebut bisa digunakan dengan sebaik mungkin oleh para pemenang.

Persyaratan

Untuk mengikuti perlombaan ke empat ini, para kontestan diwajibkan untuk mengikuti peraturan berikut ini:

  1. Foto harus diambil menggunakan ponsel yang di produksi oleh perusahaan Huawei.
  2. Watermark asli bawaan ponsel (Native Watermark) harus ada dalam foto tersebut (Kecuali jika memang dalam mode yang dipakai tidak ada watermark Asli seperti mode Silky Water atau Mode Pro lainnya).
    Tidak diperkenankan menambahkan watermark buatan kecuali jika watermark buatan itu hanya berisi ID fotografer/kontestan (Watermark Bawaan ponsel jika ada, harus terlihat jelas dan tidak boleh tertutupi atau terganggu oleh watermark lainnya).
  3. Mengirimkan foto dan karya terbaiknya di Group WhatsApp Sahabat Huawei (GSH) dan disertai keterangan “Nama Kontestan (bisa Nama Panggilan atau Username di WA)” dan “Lomba Keempat”.
    Contohnya: “Mbak_Indah Lomba Keempat
  4. Sebisa mungkin tuliskan setting dan teknik yang dipakai untuk mengambil gambar tersebut.
    Contohnya: “Mbak_Indah Lomba Keempat. Light Painting – Shutterspeed 13 detik, ISO=50 EV+2 AutoFocus=AF-C AWB=Auto” atau “Mbak_Indah Lomba Keempat. Light Painting – SS 13s, ISO 50
  5. Tidak ada batasan untuk jumlah foto yang dikirimkan. Setiap peserta bebas mengirim karyanya sebanyak mungkin agar kesempatan untuk menang perlombaan semakin besar.
  6. Persyaratan tambahan lainnya (jika dirasa perlu) akan disampaikan di Group WA Sahabat Huawei oleh admin.

Tips

berikut ini adalah beberapa info tambahan bagi para kontestan:

  1. Usahakan mengirim foto di awal setelah lomba dibuka karena setiap foto yang dikirimkan langsung di cek secara menyeluruh. Kami mengapresiasi kawan-kawan yang mengirimkan karyanya pertama kali dan juga mereka yang mengirimkan foto di hari pertama (Day 1) dan akan membuat halaman kontribusi khusus di masa mendatang sebagai wujud apresiasi kami untuk kontestan yang antusias dengan kegiatan yang diselenggarakan.
  2. Agar sebuah karya bisa dinilai dengan baik, akan sangat membantu jika fotografer/kontestan menyertakan informasi singkat seperti objek dari foto dan apa saja kenangan atau hal menarik dari foto tersebut. Info singkat tersebut bisa ditulis setelah penulisan Nama Kontestan (lihat poin 3 pada bagian persyaratan diatas) dan setting yang digunakan (poin 4 diatas).
    Contoh: “Mbak_Indah Lomba Keempat. Light Painting – SS 13s, ISO 50. Memotret suasana kota yang mengiringi rutinitas sehari-hari. Disinilah saya menemukan ketenangan hati” atau kata-kata lainnya yang menjadi alasan mengapa memilih objek dan lokasi tersebut.

Perlombaan

Perlombaan ini secara resmi dibuka mulai tanggal 3 Oktober 2019 sampai dengan 13 Oktober 2019.

Pengumuman Pemenang

Para Pemenang akan segera diumumkan melalui group dan juga website ini segera setelah perlombaan dinyatakan selesai dan semua karya telah dinilai. Untuk Proses dan lama waktu penilaian disesuaikan jumlah foto dan merupakan kewenangan admin. Sebagai gambaran sederhana, untuk menilai satu foto saja membutuhkan waktu cukup lama dan itulah sebabnya kami menyarankan untuk mengirim karya terbaiknya di awal perlombaan. Apabila karya yang dikirim cukup banyak maka akan membutuhkan waktu lebih lama lagi. Meski begitu akan kami usahakan untuk menyelesaikan semua itu dengan secepat dan sebaik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close